Sunday, December 7, 2008

Review Kambingjantan: Sebuah Komik Pelajar Bodoh

Heloooww…. Baru kemaren ngepost sekarang ngepost lagi, hehe. Semoga yang baca gak bosen yaaaa ;) hehe. Ok, landjoet

Jumat kemaren gw abis dari gramedia gatot subroto, tujuannya? Jelas, buat beli ini:

Yapyap. Gila jeeeng baru kali ini gw beli buku langsung segitu, biasanya kan nyicil satu2, sedangkan gw gatau mau prioritasin beli yang mana duluan, akhirnya ngambil dari tabungan gw, soalnya kalo ngandelin duit jajan ga cukup, tiga2nya menggoda iman siiih…. Terus, yang gw buka duluan adalah yang:

Susah liatnya? Nih, biar enakan dikit

Kenapa gw buka duluan? Alasan yang jujur adalah karena itu yang paling tipis, jadi gw bisa cepet baca yg itu terus lanjut baca yg laen, hehe.... dan, here goes the review.

Di buku yang ini, sekali lagi seorang Raditya Dika diekspos kebodohan-kebodohannya dengan ilustrasi yang oh-my-god-kok-lo-bisa-gambar-kayak-gitu-sih-keren-deh oleh Dio Rudiman. Ceritanya lumayan, bisa bikin gw senyum-senyum ampe nyokap gw bilang ”Kamu kenapa? Ih udah gila senyum2 sendiri”. Tapi sayangnya, cuma bikin gw senyum2 dan ketawa-ketawa dikit,  gw samasekali gak ngakak waktu baca ini. Beda banget ama pas gw baca novel kambingjantan dulu, baca cerita pertama udah kaya orang sarap, ngakak tanpa bisa ditahan, padahal waktu itu gw lagi baca di gramedia. Karena gw gamau diliatin orang se-gramedia, akhirnya gw buru2 ke kasir, terus lanjutin ngakak ampe edan di mobil. Meskipun cuma senyum2 pas baca komiknya, bukan berarti gak lucu kan?

Gak, komik ini gak jelek kok, berani sumpah dah. Nih komik bisa bikin gw penasaran nunggu buku kedua nya. Yoa, ini komik bukan komik sekali abis (apa sih istilahnya gatau gw), tapi komik bersambung. Jadi bakal ada lanjutannya. Nabung lagi deh gw.

Di komik ini, ceritanya ga sepenuhnya fakta, ada tokoh yang ga ada di kehidupan nyata, tapi dimunculin buat mendukung cerita. Terus, beberapa cerita disini tuh dilebih-lebihkan (yaiyalah kalo ada manager apartement kaya gitu mah udah dibakar kali ama pemerintah sono. Managernya emang kaya apa? Beli aja bukunya, ga rugi ko hehe). Cerita disini juga sepenuhnya baru, beda banget ama cerita di novel kambingjantan. Ada satu bagian yang gw suka, nih ya (yang italic dalam bahasa inggris):

****************************************************************

Temen radith yang baru muncul (TRB) : Hey, lagi pada ngomongin apa?

Radith (R): Kita mau olahraga akhir minggu ini

TRB: Emang mau main apa?

R : eeeeh, olahraga tradisional Indonesia, eeeeh

R : FUR BLOCKING (maksudnya buku tangkis, ya Allah)

Harianto (H) : Badminton

R : Yeah, badminton

TRB : aku tau kalo badminton, aku boleh ikut?

Gw baru nyadar dua hal:

1. Bulu tangkis bukanlah FUR BLOCKING dalam bahasa Inggris

2. Bulu tangkis bukanlah olahraga tradisional Indonesia yang diketahui orang Indonesia

****************************************************************

Penasaran? Beli ajaaaa…. Ga mahal banget kok masih lebih mahal 2 buku lain yang gw beli. So, what are you waiting for? Buruan sono beli! 

2 comments:

Benakribo said...

waaa iya gue udah beli dong hehee .. tapi belom selese gue baca tuh, hmm so far si ada beberapa yang lucu, tapi selebihnya terlalu lebay..

Wian said...

justru lebay nya itu yang bikin lucu... hehe